INDIKATOR SOAL SEJARAH INDONESIA KELAS X SEMESTER GASAL TP. 2020/2021
Penugasan :
a. Silahkan pelajari materi-materi semester 1
b. Kemudian catat indikator soal semester berikut
c. Buatlah ringkasan materi sesuai indikator soal berikut dengan ketentuan:
i. Ditulis tangan di kertas folio
ii. Kemudian di foto kopi
iii. Foto kopi dikumpulkan saat pelaksanaan semester sesuai mapel sejarah indonesia.
iv. Tugas tersebut menjadi tambahan nilai project siswa.
INDIKATOR SOAL SEJARAH INDO X SEMESTER GASAL
TP 2020/2021
1. Siswa menjelaskan pengertian kronologis dalam mempelajari sejarah
2. Disajikan data tentang tentang macam macam contoh periodesasi sejarah. Siswa mengidentifikasi contoh periodesasi di Eropa
3. Siswa menjelaskan perbedaan antara kronologi dan kronik
4. Disajikan keterangan mengenai ciri-ciri dari sebuah konsep berpikir sejarah. Siswa mengidentifikasi ciri-ciri konsep berpikir diakronik
5. Siswa menjelaskan pengertian konsep berpikir sinkronik
6. Siswa menjelaskan ciri-ciri konsep berpikir sinkronis
7. Siswa menjelaskan maksud dari horizontal dalam berpikir sinkronis
8. Siswa menjelaskan pengertian anakronisme dalam sejarah
9. Siswa menjelaskan perbedaan ilmu sejarah dan ilmu sosial
10. Siswa menjelaskan alasan sejarah disebut sebagai ilmu diakronis
11. Siswa menjelaskan konsep waktu dalam sejarah
12. Siswa menjelaskan pembagian konsep perubahan berdasarkan keadaannya
13. Siswa menjelaskan pengertian perkembangan menurut konsep waktu dalam sejarah
14. Menjelaskan pengertian kesinambungan menurut konsep waktu dalam sejarah
15. Siswa menjelaskan pengertian pengulangan menurut konsep waktu dalam sejarah
16. Siswa menyebutkan daerah penemuan fosil Pithecanthropus Erectus
17. Siswa menyebutkan ciri-ciri fisik Pithecanthropus erectus
18. Siswa menyebutkan penemu fosil Meganthropus Palaeojavanicus
19. Siswa menyebutkan jenis manusia purba yang ditemukan pada lapisan Holosen
20. Disajikan keterangan mengenai jenis homo sapien yang memiliki ciri-ciri tubuh kerdil, bermata pencaharian berburu, dan fosilnya banyak ditemukan di Goa Liang Bua. Siswa mengidentifikasi jenis manusia purba tersebut
21. Disajikan data tentang ciri-ciri fisik beberapa jenis manusia purba. Siswa mengidentifikasi ciri-ciri Meghanthropus Palaeojavanicus
22. Siswa menyebutkan alasan Sangiran dipilih UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia
23. Siswa menyebutkan jenis manusia purba yang ditemukan oleh Eugene Dubois
24. Siswa menyebutkan jenis manusia purba yang sudah mencapai tingkat kesempurnaan
25. Disajikan data tentang nama-nama tempat di Indonesia. Siswa mengidentifikasi yang bukan termasuk tempat penemuan fosil manusia purba
26. Siswa menjelaskan tentang kedatangan Bangsa Proto Melayu
27. Siswa menjelaskan jalur masuk kedatangan bansa Proto Melayu di Indonesia
28. Siswa menjelaskan teori asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dari Prof.Muh. Yamin
29. Siswa menjelaskan suku yang telah ada di Indonesia sebelum bangsa Melayu Austronesia masuk
30. Siswa menjelaskan masa perundagian
31. Siswa menjelaskan sistem kepercayaan yang dianut pada masa pra aksara
32. Siswa menyebutkan sistem pembagian kerja pad amasa food gathering
33. Siswa menyebutkan pengertian Abris Sous roche
34. Siswa menyebutkan hasil kebudayaan bangsa Proto Melayu
35. Siswa menyebutkan hasil budaya bangsa Deutro Melayu
36. Siswa menyebutkan hasil kebudayaan dari bangsa Melanesoid
37. Siswa menjelaskan pengertian sarkofagus
38. Siswa mengidentifikasi hasil kebudayaan Megalithikum yang digunakan sebagai alat pemujaan arwah nenek moyang
39. Siswa menjelaskan kegunaann waruga
40. Siswa mengidentifikasi hasil kebudayaan pra aksara yang bukan termasuk kebudayaan Megalithikum
41. Siswa menyebutkan negara asal dari kebudayaan Hindu-Budha
42. Siswa mengidentifikasi pengaruh-pengaruh Hindu-Budha di Indonesia
43. Menjelaskan pengertian kasta pada sistem kemasyarakatan di India
44. Menyebutkan salah satu golongan masyarakat yang termasuk dalam kasta Ksatria
45. Siswa menjelaskan hipotesis brahmana
46. Menyebutkan tokoh yang mendukung teori Waisya.
47. Menjelaskan teori arus balik tentang masuknya agama Hindu-Budha di Indonesia
48. Siswa menyebutkan ahli yang menyebutkan pernyataan tentang teori Brahmana
49. Siswa menjelaskan pengertian akulturasi
50. Siswa menjelaskan teori waisya