sponsor

INDIKATOR SOAL SEJARAH INDONESIA KELAS X SEMESTER GASAL TP. 2020/2021

 



Penugasan :

a. Silahkan pelajari materi-materi semester 1

b. Kemudian catat indikator soal semester berikut

c. Buatlah ringkasan materi sesuai indikator soal berikut dengan ketentuan:

    i. Ditulis tangan di kertas folio

    ii. Kemudian di foto kopi 

  iii. Foto kopi dikumpulkan saat pelaksanaan semester sesuai mapel sejarah indonesia.

   iv. Tugas tersebut menjadi tambahan nilai project siswa. 


INDIKATOR SOAL SEJARAH INDO X SEMESTER GASAL

TP 2020/2021

1. Siswa menjelaskan pengertian kronologis dalam mempelajari sejarah

2. Disajikan data tentang tentang macam macam contoh periodesasi sejarah.         Siswa mengidentifikasi contoh periodesasi di Eropa

3. Siswa menjelaskan perbedaan antara kronologi dan kronik 

4. Disajikan keterangan mengenai ciri-ciri dari sebuah konsep berpikir sejarah.         Siswa mengidentifikasi ciri-ciri konsep berpikir diakronik

5. Siswa menjelaskan pengertian konsep berpikir sinkronik

6. Siswa menjelaskan ciri-ciri konsep berpikir sinkronis

7. Siswa menjelaskan maksud dari horizontal dalam berpikir sinkronis

8. Siswa menjelaskan pengertian anakronisme dalam sejarah

9. Siswa menjelaskan perbedaan ilmu sejarah dan ilmu sosial

10. Siswa menjelaskan alasan sejarah disebut sebagai ilmu diakronis

11. Siswa menjelaskan konsep waktu dalam sejarah

12. Siswa menjelaskan pembagian konsep perubahan berdasarkan keadaannya

13. Siswa menjelaskan pengertian perkembangan menurut konsep waktu dalam         sejarah

14. Menjelaskan pengertian kesinambungan menurut konsep waktu dalam                 sejarah

15. Siswa menjelaskan pengertian pengulangan menurut konsep waktu dalam            sejarah

16. Siswa menyebutkan daerah penemuan fosil Pithecanthropus Erectus

17. Siswa menyebutkan ciri-ciri fisik Pithecanthropus erectus

18. Siswa menyebutkan penemu fosil Meganthropus Palaeojavanicus

19. Siswa menyebutkan jenis manusia purba yang ditemukan pada lapisan                Holosen

20. Disajikan keterangan mengenai jenis homo sapien yang memiliki ciri-ciri            tubuh kerdil, bermata pencaharian berburu, dan fosilnya banyak ditemukan         di Goa Liang Bua. Siswa mengidentifikasi jenis manusia purba tersebut

21. Disajikan data tentang ciri-ciri fisik beberapa jenis manusia purba.                        Siswa mengidentifikasi ciri-ciri Meghanthropus Palaeojavanicus 

22. Siswa menyebutkan alasan Sangiran dipilih UNESCO sebagai salah satu situs         warisan dunia

23. Siswa menyebutkan jenis manusia purba yang ditemukan oleh Eugene                 Dubois

24. Siswa menyebutkan jenis manusia purba yang sudah mencapai tingkat                kesempurnaan

25. Disajikan data tentang nama-nama tempat di Indonesia. Siswa mengidentifikasi yang bukan termasuk tempat penemuan fosil manusia purba

26. Siswa menjelaskan tentang kedatangan Bangsa Proto Melayu

27. Siswa menjelaskan jalur masuk kedatangan bansa Proto Melayu di Indonesia

28. Siswa menjelaskan teori asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dari Prof.Muh. Yamin

29. Siswa menjelaskan suku yang telah ada di Indonesia sebelum bangsa Melayu Austronesia masuk

30. Siswa menjelaskan masa perundagian

31. Siswa menjelaskan sistem kepercayaan yang dianut pada masa pra aksara

32. Siswa menyebutkan sistem pembagian kerja pad amasa food gathering

33. Siswa menyebutkan pengertian Abris Sous roche

34. Siswa menyebutkan hasil kebudayaan bangsa Proto Melayu

35. Siswa menyebutkan hasil budaya bangsa Deutro Melayu

36. Siswa menyebutkan hasil kebudayaan dari bangsa Melanesoid

37. Siswa menjelaskan pengertian sarkofagus

38. Siswa mengidentifikasi hasil kebudayaan Megalithikum yang digunakan sebagai alat pemujaan arwah nenek moyang

39. Siswa menjelaskan kegunaann waruga

40. Siswa mengidentifikasi hasil kebudayaan pra aksara yang bukan termasuk kebudayaan Megalithikum

41. Siswa menyebutkan negara asal dari kebudayaan Hindu-Budha

42. Siswa mengidentifikasi pengaruh-pengaruh Hindu-Budha di Indonesia 

43. Menjelaskan pengertian kasta pada sistem kemasyarakatan di India

44. Menyebutkan salah satu golongan masyarakat yang termasuk dalam kasta Ksatria

45. Siswa menjelaskan hipotesis brahmana

46. Menyebutkan tokoh yang mendukung teori Waisya.

47. Menjelaskan teori arus balik tentang masuknya agama Hindu-Budha di Indonesia

48. Siswa menyebutkan ahli yang menyebutkan pernyataan tentang teori Brahmana

49. Siswa menjelaskan pengertian akulturasi

50. Siswa menjelaskan teori waisya