sponsor

INDIKATOR SOAL SEJARAH INDONESIA KELAS XI SEMESTER GASAL TP. 2020/2021


 Penugasan :

a. Silahkan pelajari materi-materi semester 1

b. Kemudian catat indikator soal semester berikut

c. Buatlah ringkasan materi sesuai indikator soal berikut dengan ketentuan:

    i. Ditulis tangan di kertas folio

    ii. Kemudian di foto kopi 

  iii. Foto kopi dikumpulkan saat pelaksanaan semester sesuai mapel sejarah indonesia.

   iv. Tugas tersebut menjadi tambahan nilai project siswa. 


INDIKATOR SOAL SEJARAH INDO XI SEMESTER GASAL

TP 2020/2021


1. Menjelaskan pengertian Kolonialisme

2. Menyebutkan gerakan imperialisme kuno yang dilakukan oleh negara-negara Eropa

3. Menjelaskan alasan rempah-rempah sangat dibutuhkan oleh orang-orang Eropa

4. Menjelaskan kedatangan Cornelis de Houtman diterima dengan baik oleh rakyat Banten

5. Menjelaskan akibat adanya imperialisme Barat ke dunia Timur bagi bangsa Indonesia

6. Menjelaskan tujuan didirikannya VOC

7. Menyebutkan salah satu sebab terjadinya krisis keuangan dalam VOC

8. Menyebutkan salah satu isi Kapitulasi Tuntang yang ditandatangani antara Belanda dan Inggris pada tanggal 18 September 1811

9. Menyebutkan kebijakan yang diterapkan di Indonesia pada masa Herman Willem Deandles.

10. Menjelaskan tujuan utama penerapan kebijakan Tanam Paksa di bawah Gubernur Jenderal Johannes Van den Bosch

11. Menjelaskan akibat sistem Tanam paksa di Indonesia yang diperkenalkan oleh Gubernur Jenderal Johannes van den Bosch 

12. Menjelaskan jatuhnya Malaka pada tahun 1511 oleh portugis bagi Aceh

13. Menjelaskan sikap penentangan Sultan Agung dari kerajaan Mataram terhadap dominasi VOC di Batavia

14. Menyebutkan Kerajaan Banten mencapai masa kejayaan atau keemasan

15. Menyebutkan kemasyhuran kerajaan Makasar  dalam pembuatan kapal

16. Menyebutkan sebab khusus perlawanan rakyat Maluku di bawah Thomas Matulessi

17. Menyebutkan sebab khusus terjadinya Perang Diponegoro

18. Menyebutkan tempat Perang Padri pada tahun 1821 – 1838

19. Menjelaskan Belanda meminta Snouck Horgronye menyelidiki kerajaan Aceh

20. Menyebutkan Gubernur jenderal yang pada masa pemerintahannya membagi wilayah kekuasaan colonial Belanda menjadi Sembilan prefektur dan terbagi dalam 30 regentchap (kabupaten)

21. Menjelaskan masa pemerintahan Thomas Stamford Raffles, Raffles mulai mereformasi ikatan feodal dalam  masyarakat jawa 

22. Menyebutkan karya seni arsitektur yang paling mencolok dari dasil penjajahan colonial Belanda

23. Menyebutkan bahasa yang digunakan sehari-hari pada masa penjajahan Belanda

24. Menyebutkan pakaian Belanda sebagai penanda yang jelas tentang kebudayaan 

25. Menjelaskan manfaat Politik etis yang dilaksanakan pemerintah kolonial Belanda bagi bangsa Indonesia

26. Menjelaskan tujuan Pendidikan yang diselenggarakan pemerintah Belanda untuk kalangan bumi putera

27. Menyebutkan salah satu factor dari luar negeri yang mendorong timbulnya pergerakan nasional Indonesia

28. Menjelaskan perjuangan bangsa Indonesia dalam menghadapi imperialisme Barat sebelum tahun 1908 selalu mengalami kegagalan

29. Menjelaskan tujuan Budi Utomo 

30. Menyebutkan gelar yang diberikan Ki Hajar Dewantara dalam perjuangan pergerakan nasional Indonesia khususnya pendidikan nasional

31. Menjelaskan tujuan Sarekat Dagang Islam yang didirikan oleh Haji Samanhoedi di Solo pada tahun 1911

32. Menjelaskan sebab Sarekat Islam sangat terkenal dikalangan masyarakat

33. Menunjukkan foto Douwes Dekker

34. Menjelaskan Indische Partij berkeinginan menyatukan semua golongan dalam masyarakat Indonesia

35. Menjelaskan pola belajar yang asah, asih dan asuh yang diterapkan pendidikan Taman Siswa

36. Menjelaskan arti stategis Perhimpunan Indonesia (PI) mencantumkan kata Indonesia

37. Menyebutkan organisasi pergerakan nasional yang didirikan oleh kelompok mahasiswa di negeri Belanda

38. Menyebutkan Organisasi keagamaan Muhammadiyah

39. Menyebutkan Organisasi keagamaan Nahdatul Ulama (NU)

40. Menjelaskan Parindra memprakarsai berdirinya pembentukan konsentrasi politik baru, sebagai akibat kegagalan Petisi Sutardjo

41. Menyebutkan semboyan dalam konggres pertama GAPI, 4 Juli 1939

42. Menjelaskan tugas utama Komisi Visman

43. Menjelaskan tujuan berdirinya Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia

44. Menjelaskan taktik kooperasi dan non kooperasi dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia

45. Menyebutkan pelaksanaan Konggres Pemuda II tahun 1928

46. Menjelaskan  Tri Koro Dharmo

47. Menjelaskan Sumpah pemuda merupakan suatu aktualisasi integrasi kebangsaan

48. Menyebutkan PPPKI sebagai organisasi yang merupakan gabungan dari berbagai macam organisasi

49. Menyebutkan pendorong timbulnya emansipasi wanita Indonesia

50. Menyebutkan salah satu hasil Konggres Wanita Indonesia I (22 Desember)