INDIKATOR SOAL SEJARAH INDONESIA KELAS XI SEMESTER GASAL TP. 2020/2021
a. Silahkan pelajari materi-materi semester 1
b. Kemudian catat indikator soal semester berikut
c. Buatlah ringkasan materi sesuai indikator soal berikut dengan ketentuan:
i. Ditulis tangan di kertas folio
ii. Kemudian di foto kopi
iii. Foto kopi dikumpulkan saat pelaksanaan semester sesuai mapel sejarah indonesia.
iv. Tugas tersebut menjadi tambahan nilai project siswa.
INDIKATOR SOAL SEJARAH INDO XI SEMESTER GASAL
TP 2020/2021
1. Menjelaskan pengertian Kolonialisme
2. Menyebutkan gerakan imperialisme kuno yang dilakukan oleh negara-negara Eropa
3. Menjelaskan alasan rempah-rempah sangat dibutuhkan oleh orang-orang Eropa
4. Menjelaskan kedatangan Cornelis de Houtman diterima dengan baik oleh rakyat Banten
5. Menjelaskan akibat adanya imperialisme Barat ke dunia Timur bagi bangsa Indonesia
6. Menjelaskan tujuan didirikannya VOC
7. Menyebutkan salah satu sebab terjadinya krisis keuangan dalam VOC
8. Menyebutkan salah satu isi Kapitulasi Tuntang yang ditandatangani antara Belanda dan Inggris pada tanggal 18 September 1811
9. Menyebutkan kebijakan yang diterapkan di Indonesia pada masa Herman Willem Deandles.
10. Menjelaskan tujuan utama penerapan kebijakan Tanam Paksa di bawah Gubernur Jenderal Johannes Van den Bosch
11. Menjelaskan akibat sistem Tanam paksa di Indonesia yang diperkenalkan oleh Gubernur Jenderal Johannes van den Bosch
12. Menjelaskan jatuhnya Malaka pada tahun 1511 oleh portugis bagi Aceh
13. Menjelaskan sikap penentangan Sultan Agung dari kerajaan Mataram terhadap dominasi VOC di Batavia
14. Menyebutkan Kerajaan Banten mencapai masa kejayaan atau keemasan
15. Menyebutkan kemasyhuran kerajaan Makasar dalam pembuatan kapal
16. Menyebutkan sebab khusus perlawanan rakyat Maluku di bawah Thomas Matulessi
17. Menyebutkan sebab khusus terjadinya Perang Diponegoro
18. Menyebutkan tempat Perang Padri pada tahun 1821 – 1838
19. Menjelaskan Belanda meminta Snouck Horgronye menyelidiki kerajaan Aceh
20. Menyebutkan Gubernur jenderal yang pada masa pemerintahannya membagi wilayah kekuasaan colonial Belanda menjadi Sembilan prefektur dan terbagi dalam 30 regentchap (kabupaten)
21. Menjelaskan masa pemerintahan Thomas Stamford Raffles, Raffles mulai mereformasi ikatan feodal dalam masyarakat jawa
22. Menyebutkan karya seni arsitektur yang paling mencolok dari dasil penjajahan colonial Belanda
23. Menyebutkan bahasa yang digunakan sehari-hari pada masa penjajahan Belanda
24. Menyebutkan pakaian Belanda sebagai penanda yang jelas tentang kebudayaan
25. Menjelaskan manfaat Politik etis yang dilaksanakan pemerintah kolonial Belanda bagi bangsa Indonesia
26. Menjelaskan tujuan Pendidikan yang diselenggarakan pemerintah Belanda untuk kalangan bumi putera
27. Menyebutkan salah satu factor dari luar negeri yang mendorong timbulnya pergerakan nasional Indonesia
28. Menjelaskan perjuangan bangsa Indonesia dalam menghadapi imperialisme Barat sebelum tahun 1908 selalu mengalami kegagalan
29. Menjelaskan tujuan Budi Utomo
30. Menyebutkan gelar yang diberikan Ki Hajar Dewantara dalam perjuangan pergerakan nasional Indonesia khususnya pendidikan nasional
31. Menjelaskan tujuan Sarekat Dagang Islam yang didirikan oleh Haji Samanhoedi di Solo pada tahun 1911
32. Menjelaskan sebab Sarekat Islam sangat terkenal dikalangan masyarakat
33. Menunjukkan foto Douwes Dekker
34. Menjelaskan Indische Partij berkeinginan menyatukan semua golongan dalam masyarakat Indonesia
35. Menjelaskan pola belajar yang asah, asih dan asuh yang diterapkan pendidikan Taman Siswa
36. Menjelaskan arti stategis Perhimpunan Indonesia (PI) mencantumkan kata Indonesia
37. Menyebutkan organisasi pergerakan nasional yang didirikan oleh kelompok mahasiswa di negeri Belanda
38. Menyebutkan Organisasi keagamaan Muhammadiyah
39. Menyebutkan Organisasi keagamaan Nahdatul Ulama (NU)
40. Menjelaskan Parindra memprakarsai berdirinya pembentukan konsentrasi politik baru, sebagai akibat kegagalan Petisi Sutardjo
41. Menyebutkan semboyan dalam konggres pertama GAPI, 4 Juli 1939
42. Menjelaskan tugas utama Komisi Visman
43. Menjelaskan tujuan berdirinya Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia
44. Menjelaskan taktik kooperasi dan non kooperasi dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia
45. Menyebutkan pelaksanaan Konggres Pemuda II tahun 1928
46. Menjelaskan Tri Koro Dharmo
47. Menjelaskan Sumpah pemuda merupakan suatu aktualisasi integrasi kebangsaan
48. Menyebutkan PPPKI sebagai organisasi yang merupakan gabungan dari berbagai macam organisasi
49. Menyebutkan pendorong timbulnya emansipasi wanita Indonesia
50. Menyebutkan salah satu hasil Konggres Wanita Indonesia I (22 Desember)