Latihan Soal dan Pembahasan Sejarah Kelas X
LATIHAN SOAL DAN PEMBAHASAN
PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP
ILMU SEJARAH
A. Soal
Pilihan Ganda
1.
Sejarah adalah ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan,
kejadian-kejadian, dan peristiwa yang merupakan realitas dari masa lalu. Pernyataan
tersebut merupakan pengertian sejarah menurut ….
A. R.G.
Collingwood
B.
Kuntowijoyo
C.
Sartono Kartodirdjo
D. R.
Moh. Ali
E. Ibnu
Khaldun
Pembahasan
:
Sejarah
adalah ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian-kejadian,
dan peristiwa yang merupakan realitas dari masa lalu, merupakan pengertian
sejarah menurut R. Moh. Ali
Jawaban :
D
2.
Istilah Sejarah yang berasal dari kata dalam bahasa Belanda yaitu ….
A.
Geschicte
B.
Geschiedenis
C.
Syajarotun
D.
History
E.
Historia
Pembahasan
:
Geschicte
adalah istilah dalam bahasa Jerman. Geschiedenis adalah istilah sejarah dalam
bahasa Belanda. Syajarotun adalah istilah sejarah dalam bahasa Arab. History
adalah istilah sejarah dalam bahasa Inggris. Historia adalah istilah sejarah dalam
bahasa Yunani.
Jawaban :
B
3.
Pengertian sejarah sebagai kisah adalah ….
A.
menunjukkan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau
B.
peristiwa masa lampau yang diceritakan sendiri oleh pelakunya
C.
peristiwa atau kejadian yang sudah tidak mungkin terjadi lagi
D.
peristiwa masa lampau yang telah disusun menjadi tulisan atau buku
E.
pengetahuan masa lampau yang berkembang dalam tradisi lisan
Pembahasan
:
Sejarah
sebagai kisah adalah peristiwa masa lampau yang telah disusun menjadi tulisan
atau buku
Jawaban :
D
4.
Pecahnya Perang Dunia II di Eropa disebabkan oleh serangan Jerman terhadap
Polandia. Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa sejarah bersifat ….
A.
kontinuitas
B.
anakronis
C.
kausalitas
D. unik
E. logis
Pembahasan
:
Pernyataan
di atas menunjukkan bahwa sejarah bersifat kausalitas atau sebab- akibat.
Serangan Jerman terhadap Polandia ( sebab ) mengakibatkan pecahnya Perang Dunia
Ii di Eropa ( akibat ).
Jawaban :
C
5.
Sebagai ilmu, sejarah memiliki syarat-syarat sebagai berikut, kecuali….
A.
memiliki teori
B.
bersifat empiris
C.
memiliki metode
D.
memiliki objek
E.
memiliki rumus pasti
Pembahasan
:
Sjarah
sebagai ilmu ( history as science) memiliki syarat-syarat kilmuan, antara lain
bersifat empiris, memiliki objek, memiliki teori, dan memiliki metode.
Jawaban :
E
6.
Catatan kejadian-kejadian secara singkat dari waktu ke waktu secara berurutan
disebut ….
A.
kronologi
B.
sistematika
C.
periodisasi
D. kronik
E. alur
Pembahasan
:
Catatan-catatan
kejadian secara singkat dari waktu ke waktu secara berurutan disebut Kronik.
Kronik adalah urutan peristiwa yang dimulai dari peristiwa yang paling awal
terjadi sampai yang terakhir terjadi. Periodisasi merupakan pembabakan waktu
dalam sejarah berdasarkan dimensi ruang (spasial), waktu (temporal), dan tema
tertentu (tematis).
Jawaban :
D
7.
Pembabakan sejarah menjadi masa Hindu-Budha, masa Islam, dan masa kolonial
Barat merupakan contoh ….
A. kronik
B.
sistematis
C.
historiografi
D.
periodisasi
E.
kronologi
Pembahasan
:
Pembagian
sejarah berdasarkan tema-tema di atas disebut Perodisasi
Jawaban :
D
8.
Sejarah memiliki sifat unik karena pada hakikatnya suatu peristiwa sejarah
tidak dapat terulang atau terjadi lagi sama persis. Dengan demikian, sejarah
memiliki posisi sebagai ….
A.
pelajaran
B.
peristiwa
C. kisah
D. seni
E. ilmu
Pembahasan
:
Pernyataan
di atas berarti sejarah memiliki posisi sebagai peristiwa. Sejarah sebagai
peristiwa ( history as event) adalah peristiwa atau kejadian itu sendiri yang
sudah tidak mungkin terjadi lagi sama persis (unik).
Jawaban :
B
9.
Peristiwa sejarah dapat mengilhami jiwa kepahlawanan seseorang. Pernyataan di
atas yang paling tepat adalah manfaat sejarah dari segi ….
A.
edukatif
B.
rekreatif
C.
instruktif
D.
inspiratif
E.
pedagogi
Pembahasan
:
Pernyataan
di atas menunjukkan bahwa sejarah memiliki kegunaan dari segi inspiratif (
memberi ilham)
Jawaban :
D
10.
Pernyataan di bawah yang paling tepat sebagai contoh kegunaan edukatif adalah
….
A. kisah
sejarah membangkitkan semangat patriotisme dalam aspek edikatif
B. kisah
sejarah membuat seseorang bijaksana menghadapi masa depan
C. kisah
sejarah memberikan suatu hiburan kepada para pembacanya
D. kisah
sejarah mendorong seseorang untuk cinta terhadap tanah air
E. kisah
sejarah dapat mendorogng seseorang
menjadi lebih kreatif
Pembahasan
:
Pernyataan
di atas menunjukkan kegunaan sejarah dalam aspek edukatif adalah kisah sejarah
membuat seseorang bijaksana menghadapi masa depan. Sejarah dapat menjadi
panduan atau pengalaman untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik.
Kesalahan-kesalahan yang terjadi di masa lalu dapat dihindari atau diperbaiki
di masa depan.
Jawaban :
B
B. Soal
Uraian
1.
Uraikan pengertian sejarah menurut Kuntowijoyo !
Jawaban :
Sejarah
adalah rekonstruksi masa lalu tentang apa saja yang sudah dipikirkan,
dikatakan, dikerjakan, dan dialami seseorang. Sejarah adalah ilmu yang
menuliskan pikiran pelaku, ilmu tentang sesuatu yang mempunyai makna sosial,
ilmu tentang manusia, dan ilmu tentang waktu yang meliputi perkembangan,
kesinambungan pengulangan, serta perubahan.
2.
Mengapa sejarah dapat juga dikatakan sebagai seni ?
Jawaban :
Sejarah
dikatakan sebagai seni karena untuk menulis sejarah dibutuhkan intuisi,
imajinasi, emosi, dan gaya bahasa. empat komponen tersebut sangat penting dalam
menentukan kualitas tulisan sejarah.
3. Apa
yang dimaksud dengan kontinuitas dan kausalitas ?
Jawaban :
Kontinuitas
dan kausalitas merupakan sifat sejarah. Sejarah merupakan sebuah kausalitas (
sebab-akibat) dan kontinuitas ( kesinambungan ). Setiap peristiwa yang terjadi
pasti ada yang melatarbelakangi atau menyebabkan. Peristiwa-peristiwa sejarah
akan terus berlangsung tanpa pernah berhenti.
4.
Sebutkan beberapa kegunaan sejarah bagi kehidupan manusia !
Jawaban :
Menurut
Sartono Kartodirdjo, sejarah mempunyai kegunaan genetis dan didaktis.
Pengetahuan sejarah memberikan hikmah dan pelajaran bagai generasi penerus. Di
samping itu, menjadi suri tauladan dan panutan bagi generasi penerus.
Menurut
Nugroho Notosusanto, sejarah mempunyai kegunaan edukatif ( memberi pendidikan),
kegunaan isntruktif ( memberi pelajaran ), kegunaan inspiratif ( memberi ilham
), dan kegunaan rekretaif ( memberi hiburan).
5.
Sebutkan periodisasi sejarah menurut Prof. Dr. Sartono Kartodirdjo !
Jawaban :
Periodisasi
sejarah yang diusulkan Prof. Dr. Sartono Kartodirdjo adalah sebagai berikut :
a.
Prasejarah
b. Zaman
kuno, meliputi
Masa kerajaan-kerajaan tertua;
Masa sriwijaya (abad ke-7 – abad ke-14)
Masa majapahit ( abad ke-14 – abad ke-15)
c. Zaman
baru, meliputi :
Masa aceh, mataram, makassar,
ternate/tidore ( abad ke-16)
Masa perlawanan terhadap imperialisme Barat
( Abad ke-19)
Masa pergerakan nasional (Abad ke-20)
Masa Republik Indonesia ( Sejak 1945)
DASAR-DASAR PENELITIAN SEJARAH
A. Soal
Pilihan Ganda
1.
Berikut ini yang merupakan urutan tahapan penelitian sejarah adalah ….
A.
heuristik, historiografi, verifikasi, dan interpretasi
B.
heuristik, interpretasi, verifikasi, dan historiografi
C.
verifikasi, historiografi, interpretasi, dan heuristik
D.
heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi
E.
interpretasi, historiografi, verifikasi, dan heuristik
Pembahasan
:
Urutan
tahapan penelitian sejarah adalah heuristik, atau pengumpulan sumber,
verifikasi atau kritik sumber, interpretasi, dan historiografi atau penulisan
sejarah
Jawaban :
D
2. Salah
satu tahap dalam penelitian sejarah yang bermaksud menguji keabsahan sumber
sejarah disebut ….
A.
periodisasi
B.
interpretasi
C.
heuristik
D.
historiografi
E.
verifikasi
Pembahasan
:
tahapan
penelitian sejarah yang bermaksud menguji keabsahan sumber sejarah adalah
verifikasi. Verifikasi atau kritik sumber meliputi kritik intern dan kritik
ekstern
Jawaban :
E
3.
Meneliti keaslian atau otentisitas bahan yang digunakan dalam pembuatan
sumber-sumber sejarah disebut ….
A.
historiografi
B.
interpretasi
C. kritik
eksterm
D.
heuristik
E. kritik
intern
Pembahasan
:
Meneliti
keaslian atau otentisitas bahan yang digunakan dalam pembuatan sumber-sumber
sejarah adalah proses kritik ekstern. Kritik ekstern adalah usaha untuk
menentukan atau meyeleksi kredibilitas sumber-sumber sejarah yang telah
terkumpul menyangkut kebenaran isi dari sumber-sumber sejarah.
Jawaban:
C
4.
Sebelum melakukan penelitian, seorang sejarawan harus menetapkan ….
A. topik
penelitian
B. biaya
yang dikeluarkan
C. waktu
yang dibutuhkan
D. tujuan
penelitian
E.
manfaat penelitian
Pembahasan
:
Hal pertama
yang harus dilakukan seorang sejarawan sebelum melakukan penelitian adalah
menentukan topik penelitian. Tujuannya agar di dalam mencari sumber-sumber
sejarah dapat terarah dan tepat sasaran.
Jawaban :
A
5.
Penafsiran terhadap sumber-sumber peristiwa sejarah disebut ….
A.
heuristik
B. kritik
C.
interpretasi
D.
historiografi
E.
verifikasi
Pembahasan
:
Penafsiaran
terhadap sumber-sumber sejarah yang telah diverifikasi disebut interpretasi.
Interpretasi dalam sejarah ada dua macam, yaitu analisis dan sintesis.
Jawaban :
C
6. Data
terpilihyag telah melalui seleksi seorang peneliti sejarah disebut ….
A. sumber
sejarah
B. buku
sejarah
C. jejak
sejarah
D. bukti
sejarah
E. fakta
sejarah
Pembahasan
:
data yang
berasal dari sumber sejarah yang telah diseleksi disebut fakta sejarah. Fakta
sejarah diperoleh melalui proses kritik
intern dan kritik ekstern.
Jawaban :
E
7. Sumber
sejarah yang merupakan kesaksian dai pelakunya disebut ….
A. sumber
tertulis
B. sumber
lisan
C. sumber
primer
D. sumber
sekunder
E. sumber
tersier
Pembahasan
:
Sumber
sejarah yang merupakan kesaksian dari pelakunya disebut sumber primer. Contoh
sumber primer adalah dokumen dan arsip. Sumber sekunder adalah sumber yang
ditulis atau diturunkan dari sumber primer, contohnya skripsi dan tesis.
Jawaban :
C
8. Fakta
abstrak yang berupa keyakinan atau kepercayaan yang dimiliki oleh masyarakat
tertentu disebut ….
A. fakta
sosial
B. fakta
mental
C. fakta
benda
D. fakta
kuat
E. fakta
lemah
Pembahasan
:
Fakta sosial adalah fakta yang berkembang
dalam kehidupan masyarakat yang meliputi lembaga sosial, kelas sosia, pranata
sosial, dan konflik sosial
Fakta mental adalah fakta abstrak yang
berupa keyakinan atau kepercayaan yang dimiliki oleh masyarakat tertentu
Fakta benda adalah fakta yang berupa benda
konkret, misalnya tugu, prasasti, atau patung
Fakta kuat ( hard fact) adalah fakta yang
telah menjadi bukti sejarah
Fakta lemah ( soft fact) adalah fakta yang
masih perlu diselidiki dan diuji kebenarannya
Jawaban :
B
TRADISI MASA PRAAKSARA DAN AKSARA
Soal
pilihan ganda
1. Cerita
rakyat yang dipercayai oleh masyarakat sebagi cerita yang benar-benar terjadi
dan dianggap suci adalah ….
A. fabel
B. mitos
C.
legenda
D.
dongeng
E.
takhayul
Pembahasan
:
Fabel adalah dongeng yang semua tokohnya
adalah binatang
Mitos adalah cerita rakyat yang dipercayai
oleh masyarakat sebagai cerita yang benar-benar terjadi dan dianggap suci
Legenda adalah cerita rakyat yang dianggap
sebagai suatu kejadian yang sungguh-sungguh terjadi pada zaman dahulu
Dongeng dan Takhayul adalah cerita yang
tidak benar-benar terjadi
Jawaban :
B
2. Cerita
tradisional tentang Roro Jonggrang dapat dikategorikan sebagai ….
A. mitos
B.
dongeng
C.
legenda
D. fabel
E.
hikayat
Pembahasan
:
Cerita
tradisional Roro Jonggrang dapat dikategorikan sebagai legenda lokal
Jawaban :
C
3.
Berikut ini yang termasuk folkore lisan adalah ….
A.
arsitektur rakyat
B. tari
rakyat
C. teater
rakyat
D.
permainan rakyat
E.
nyanyian rakyat
Pembahasan
:
Arsitektur rakyat termasuk jenis folklore
bukan lisan
Tari rakyat, teater rakyat dan permainan
rakyat termasuk folklore sebagian lisan
Nyanyian rakyat termasuk jenis folklore
lisan
Jawaban :
E
4.
Tradisi lisan masyarakat praaksara yang berisi tentang cerita rakyat pada zaman
dahulu yang ada kaitannya dengan peristiwa sejarah disebut ….
A. mitos
B.
legenda
C.
hikayat
D.
folklore
E. fabel
Pembahasan
:
Sudah
cukup jelas
Jawaban :
B
5. Di
bawah ini yang termasuk contoh mitos adalah ….
A. Nyai
Roro Kidul
B. Bawang
Merah dan Bawang Putih
C. Si
Kancil
D.
Tangkuban Perahu
E.
Ande-ande lumut
Pembahasan
:
Nyai Roro Kidul merupakan bentuk mitos yang
berkembang di masyarakat Jawa.
Bawang merah dan bawang putih dan Si kancil
merupakan bentuk dongeng
Tangkuban Perahu dan Ande-ande Lumut
merupakan bentuk legenda
Jawaban :
A
6.
Tradisi lisan pada masyarakat praaksara dapat dijadikan sumber sejarah, namun
nilai kesejarahannya harus dikritisi karena ….
A.
bersifat turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya
B. sifat
subjektifnya masih sangat mendominasi
C. penuh
dengan cerita-cerita mistik yang tidak masuk akal
D.
tradisi lisan tersebut hanya berkembang di daerah tertentu
E. masih
belum jelas antara pengalaman atau kejadian nyata dan mitos
Pembahasan
:
Tradisi
lisan pada masyarakat praaksara dapat dijadikan sumber sejarah. Akan tetapi ,
sumber-sumber tersebut perlu dikritisi terlebih dahuou dan dibandingkan dengan
sumber-sumber lain yang sejaman. Tradisi lisan mengandung sejarah di dalamnya,
yaitu berupa ingatan kolektif yang terseimpan dalam ingatan manusia yang
diwariskan secara turun temurun melalui tradisi lisan
Jawaban :
E
7.
Berikut ini merupakan aspek-aspek material kebudayaan yang diwariskan oleh
keluarga adalah ….
A. bahasa
B.
perhiasan
C. norma
D.
kepercayaan
E. adat
istiadat
Pembahasan
:
Kepercayaan,
adat istiadat, norma, dan bahasa adalah contoh aspek-aspek kebudayaan
nonmaterial yang proses pengenalannya lebih rumit daripada aspek-aspek material
kebudayaan. Perhiasan termasuk aspek-aspek material kebudayaan yang dapat
diraba dan dilihat secara langsung
Jawaban :
B
8.
Huruf pallawa yang diindonesiakan
menjadi huruf Kawi pertama kali
digunakan pada prasasti ….
A. Dinoyo
B.
Kalasan
C. Klurak
D.
Kedukan Bukit
E. Kota
Kapur
Pembahasan
:
Prasasti Dinoyo adalah prasasti yang
dikeluarkan oleh Raja Gajayana dari Kerajaan Kanjuruhan. Keistimewaan prasasti
Dinoyo adalah huruf Pallawa diindonesiakan menjadi huruf kawi dan digunakan
pertama kali di Indonesia.
Prasasti kalasan dan Prsasti klurak merupakan
peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang menggunakan bahasa Pranagari. Prasasti
Kedukan Bukit dan Prasasti Kota Kapur merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya
yang menggunakan huruf Pallawa
Jawaban :
A
9. Istilah
Bhinneka Tunggal Ika tan Hana Dharma Mangrwa pertama kali muncul dalam kitab ….
A.
Sutasoma
B.
Negarakertagama
C.
Arjunawiwaha
D.
Arjunawijaya
E.
Baratayudha
Pembahasan
:
Kitab
Sutasoma karya Mpu Tantular. Kitab Sutasoma menceritakan Sutasoma, putra raja
yang kemudian mendalamai agama Buddha. Dalam kitab ini terdapat kata Bhinneka
Tunggal Ika tan Hana Dharma Mangrwa. Istilah tersebut kemudian menjadi semboyan
persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia
Jawaban :
A
10.
Prasasti yang merupakan peninggalan kerajaan Tarumanegara adalah ….
A.
Prasasti Kedukan Bukit
B.
Prasasti Canggal
C.
Prasasti Talang Tuo
D.
Prasasti Kebon Kopi
E.
Prasasti Mantyasih
Pembahasan
:
Prasasti kedukan bukit dan prasasti talang
tuo merupakan peninggalan kerajaan Sriwijaya
Prasasti Canggal dan Mantyasih peninggalan
kerajaan Mataram Kuno
Prasasti Kebon Kopi peninggalan kerajaan
tarumanegara
Jawaban :
D
Terimakasih, semoga bermanfaat.